BANK SENTRAL

 

Bank sentral adalah bank yang menyediakan jasa keuangan kepada pemerintah dan bank-bank komersial negaranya. 

Fungsi utama dari bank sentral adalah:
  • jumlah uang beredar dan regulasi nilai tukar;
  • kontrol pelepasan catatan mata uang nasional;
  • pinjaman dan menerima simpanan dari bank komersial, serta pengendalian kegiatan mereka;
  • pengelolaan utang negara;
  • pemeliharaan cadangan mata uang emas negara, dan;
  • interaksi dengan bank sentral lainnya.

Ada empat faktor utama bank sentral yang dapat mempengaruhi pasar valuta asing:
  • Tingkat bunga berubah. Bank-bank sentral menaikkan tingkat suku bunga sedemikian rupa sehingga membuat mata uang negara mereka merekrut bagi investor tetapi mempersulit kehidupan bank-bank komersial. Bagi investor, tabungan dalam mata uang negara tersebut akan membawa lebih banyak penghasilan, tapi untuk bank-bank komersial, akan menyebabkan situasi dimana pinjaman uang dari bank sentral akan lebih mahal bagi mereka, yang secara otomatis akan menyebabkan peningkatan suku bunga untuk pinjaman dan dana deposit untuk rakyat. Dengan memotong suku bunga, proses ini terbalik.
  • Instrumen pasar keuangan. Ini biasanya transaksi langsung dengan sekuritas di pasar terbuka. Pembelian surat berharga oleh bank sentral menyebabkan peningkatan cadangan, yang memungkinkan untuk meningkatkan volume pinjaman kepada perusahaan dalam berbagai sektor ekonomi atau pinjaman dari bank komersial, yang meminjamkan uang kepada organisasi-organisasi ini pada gilirannya (tergantung pada struktur interaksi di satu negara tertentu). Dengan cara seperti itu, bank sentral merangsang perkembangan ekonomi. Dengan menjual sekuritas, cadangan penurunan perbankan serta kemungkinan kredit dari bank, yang menyebabkan efek peredam pada perekonomian.
  • Persyaratan cadangan berubah. Dengan mengubah kondisi tersebut, bank sentral dapat membatasi volume kredit yang dikeluarkan oleh bank-bank komersial, yang akan menyebabkan perubahan jumlah uang di dalam negeri.
  • Operasi valuta asing. Bank-bank sentral dapat beroperasi di pasar valuta asing untuk memurahkan / memperkuat mata uang nasional (intervensi) atau sebaliknya dan tahan pada tingkat tertentu. Hal ini dilakukan dengan menyuntikkan atau membebaskan mata uang nasional ke dalam atau dari pasar internasional. Selain itu, bank sentral dapat menempatkan aset mereka di bank-bank sentral lain dan langsung menukar mata uang.

  • Bank-bank sentral, seperti Federal Reserve System (AS), Bank Sentral Eropa (Eropa), Bank of England (Inggris), Bank of Japan (Jepang), Bank Nasional Swiss (Swiss), Bank of Canada (Kanada), Reserve Bank of Australia (Australia), dan Reserve Bank of New Zealand (Selandia Baru), adalah terbesar dan paling kuat bank di dunia, yang memiliki dampak pada Forex.  
    The Federal Reserve System, U.S.A.
    The Federal Reserve System (FRS atau FED) di Amerika Serikat didirikan pada tahun 1913 dan memiliki fungsi bank sentral Amerika Serikat. Negara memiliki pengaruh utama di bank, meski modal yang dimiliki oleh pemegang saham swasta dengan status khusus.
    FED adalah bank sentral paling kuat di dunia. Karena USD adalah mata uang cadangan dunia, FED memiliki dampak besar pada nilai banyak mata uang.
    Panitia: Federal Open Market Committee (FOMC) terdiri dari tujuh pemimpin Dewan Federal Reserve dan lima presiden dari 12 bank cadangan daerah. Komite menetapkan suku bunga. 
    Tujuan: stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi AS. 
    Pertemuan: delapan kali setahun. 


    European Central Bank (ECB)
    Bank Sentral Eropa (ECB) didirikan pada tahun 1998. Ini adalah otoritas keuangan pusat dari zona Eropa, menyusul Institut Moneter Eropa (EMI). EMI telah memainkan peran utama dalam mempersiapkan pendahuluan ke dalam sirkulasi dari satu mata uang Eropa.
    Panitia: enam anggota Dewan Pemerintahan ECB dan kepala dari 12 bank sentral nasional dari negara-negara zona Eropa. Mereka membuat keputusan tentang kebijakan moneter.
    Tujuan: stabilitas harga, pertumbuhan, dan pemeliharaan pertumbuhan harga konsumen tahunan di bawah 2%. Bank berupaya mencegah meningkatnya biaya mata uang Eropa karena ketergantungan ekspor zona Eropa.
    Pertemuan: setiap 2 minggu sekali. Namun, pertemuan kebijakan moneter diadakan 11 kali setahun dan disertai dengan konferensi pers. 


    Bank of England
    Bank of England (BOE) diselenggarakan sebagai bank swasta pada tahun 1694, tetapi mulai bertindak sebagai bank sentral dari Inggris pada tahun 1946 setelah nasionalisasi. BOE dianggap salah satu bank sentral yang paling kuat di dunia.
    Panitia: kepala BOE, dua deputi, dua eksekutif, dan empat ahli eksternal. Komite ini bertanggung jawab untuk kebijakan moneter.
    Tujuan: moneter dan keuangan dukungan stabilitas, dan menahan inflasi pada tingkat 2%. Sebagai soal fakta, jika inflasi kurang dari tingkat ini, bank akan melakukan segalanya untuk meningkatkannya ke level 2%.
    Pertemuan: sebulan sekali. 


    Bank of Japan (BOJ)
    Bank of Japan (BOJ) didirikan pada tahun 1873 berdasarkan UU Bank Nasional, dipengaruhi oleh hukum Amerika dari tahun 1863. Ini memiliki status perusahaan saham gabungan, yang merupakan fitur utama dari bank. Pemerintah Jepang adalah pemilik 55% dari modal. Sisanya 45% dipegang oleh perusahaan asuransi, lembaga keuangan, dan investor lainnya.
    Panitia: kepala bank, dua deputinya, dan enam anggota lainnya. Komite ini bertanggung jawab untuk kebijakan moneter.
    Tujuan: mendukung harga dan stabilitas keuangan dari Jepang. Sama seperti ECB, BOJ berusaha untuk mencegah peningkatan nilai mata uang nasional karena ketergantungan ekspor negara.
    Pertemuan: sekali atau dua kali sebulan. 


    Swiss National Bank (SNB)
    Swiss National Bank (SNB) didirikan pada tahun 1907. Ini memiliki dua kantor pusat: di Bern dan di Zürich.
    Panitia: kepala bank, wakilnya, dan satu anggota. Panitia membuat keputusan pada tingkat suku bunga. Tidak seperti bank sentral lainnya, SNB menetapkan hanya kisaran suku bunga. 
    Tujuan: memastikan stabilitas harga dan mencegah pertumbuhan berlebihan dari mata uang nasional (karena ketergantungan ekspor negara). 
    Pertemuan: sekali dalam 3 bulan. 


    Bank of Canada (BOC)
    Bank of Canada (BOC) mulai bekerja pada 1935. Kantor pusat bank terletak di Ottawa.
    Panitia: kepala bank dan lima deputi. Panitia membuat keputusan kebijakan moneter.
    Tujuan: menjaga integritas dan nilai mata uang dan tahan inflasi sebesar 1% sampai 3%.
    Pertemuan: delapan kali setahun. 


    The Reserve Bank of Australia (RBA)
    The Reserve Bank of Australia (RBA) secara resmi bank sentral sejak tahun 1960, setelah mendapatkan haknya dari Commonwealth Bank of Australia.
    Panitia: kepala bank, wakilnya, menteri keuangan, dan enam anggota independen yang ditunjuk oleh pemerintah. Komite ini bertanggung jawab untuk kebijakan moneter.
    Tujuan: menjamin stabilitas moneter dan pertumbuhan ekonomi, menjaga pekerjaan penuh dan penghasilan meningkat negara, dan tahan inflasi sebesar 2% sampai 3%.
    Pertemuan: sebulan sekali, kecuali Januari. 


    The Reserve Bank of New Zealand (RBNZ)
    The Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) didirikan pada tahun 1934. Hal ini sepenuhnya dimiliki oleh negara. Fitur utama dari bank adalah kontrol ketat atas pelaksanaan tujuan. Apabila kegagalan, kepala bank dapat diubah.
    Panitia: keputusan akhir mengenai kebijakan moneter yang dibuat oleh kepala bank.
    Tujuan: memastikan stabilitas harga dan stabilitas suku bunga, nilai tukar, dan ekonomi, serta menahan inflasi sebesar 1.5%.
    Pertemuan: delapan kali setahun. 

0 Response to "BANK SENTRAL"

Post a Comment